Lebih Worth It KPR Rumah atau Sewa? Ini Jawabannya! (2024)

Financial

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dari dulu memiliki rumah menjadi Impian semua orang, bukan hanya sekedar atap kepala, rumag juga merupakan landasan penting dalam membangun kehidupan yang stabil dan berkelanjutan. Memiliki rumah tidak selalu dengan skema pembayaran cash lamgsung tetapi juga bisa menggunakan skema pembayaran KPR (Kredit Pemilikan Rumah). KPR atau kredit pemilikan rumah adalah salah satu cara untuk mencicil rumah dengan jangka waktu dan bunga tertentu.

Agar lebih mudah memahami apa itu KPR, bisa dikatakan dengan KPR Anda tidak perlu mempersiapkan dana tunai untuk membeli rumah. Anda hanya perlu mempersiapkan uang down payment (DP) sebagai salah satu syarat untuk mengajukan KPR. Setelah proses itu, Anda bisa mengangsur sisanya dalam periode waktu tertentu. Selanjutnya, ada beberapa persyaratan lain yang diajukan pihak bank kepada calon nasabah yang ingin mengajukan KPR, mulai dari lama tenor, besaran bunga, dan lain-lain.

Pada umumnya, terdapat dua jenis KPR yang dikenal oleh masyarakat, yaitu KPR subsidi dan nonsubsidi. KPR subsidi adalah program kredit untuk kepemilikan rumah dengan uang muka atau suku bunga yang diringankan karena adanya bantuan dari pemerintah. Sedangkan, KPR nonsubsidi adalah program kredit untuk kepemilikan rumah tanpa subsidi yang disediakan oleh bank untuk masyarakat umum. Dalam penerapannya, KPR bersubsidi biasanya ditujukan untuk masyarakat dengan penghasilan terbatas. Dan KPR nonsubsidi untuk Masyarakat umum.

Mempertimbangkan antara membeli rumah menggunakan skema KPR dan menyewa rumah adalah keputusan besar yang mempengaruhi keuangan dan gaya hidup seseorang. Meskipun keduanya memiliki manfaat dan kekurangan masing-masing dalam banyak kasus, memilih KPR rumah bisa lebih menguntungkan daripada menyewa rumah. Berikut adalah beberapa alasannya,

  • Investasi Jangka Panjang, memiliki rumah dengan KPR merupakan investasi jangka panjang yang dapat meningkatkan nilai kekayaan. sem*ntara pembayaran bulanan KPR seperti menyewa, sebagian besar dari pembayaran tersebut masuk ke ekuitas rumah. Seiring berjalannya waktu, memiliki aset yang bernilai dan dapat digunakan sebagai modal untuk investasi atau bisa juga sebagai warisan untuk generasi berikutnya.
  • Stabilitas Finansial, meskipun pembayaran bulanan KPR mungkin tetap stabil selama jangka waktu tertentu, menyewa rumah rentan terhadap kenaikan sewa yang tidak terkendali. Dengan KPR, Anda memiliki kepastian atas pembayaran bulanan Anda, terutama jika Anda memilih jenis bunga tetap. Hal tersebut bisa memberikan stabilitas finansial yang penting bagi banyak keluarga.
  • Kepemilikan dan Kontrol, memiliki rumah memberikan Anda kebebasan untuk menyesuaikan dan mengubah desain rumah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Anda tidak perlu mendapatkan persetujuan dari pemilik rumah atau khawatir tentang peraturan penyewaan yang membatasi apa yang dapat Anda lakukan dengan rumah tersebut. Hal ini memberikan rasa memiliki dan kontrol atas lingkungan tempat tinggal Anda.
  • Kebebasan Finansial di Masa Depan, setelah pembayaran KPR lunas, Anda bebas dari pembayaran bulanan tersebut. Ini berarti bahwa Anda memiliki lebih banyak uang untuk ditabung, diinvestasikan, atau digunakan untuk menikmati masa tua atau masa pensiun Anda. Di sisi lain, menyewa rumah berarti Anda akan terus-menerus membayar sewa selama Anda tinggal di sana, tanpa adanya akhir yang pasti untuk pembayaran tersebut.
  • Peningkatan Nilai Properti, seiring berjalannya waktu, nilai atau harga properti terutama rumah dan tanah cenderung meningkat, terutama jika Anda memilih lokasi yang strategis dan melakukan perbaikan atau renovasi pada rumah anda. Ini berarti bahwa kepemilikan rumah Anda bisa menjadi sumber kekayaan yang signifikan di masa depan. sem*ntara itu, sebagai penyewa, Anda tidak akan memperoleh manfaat dari kenaikan nilai properti tempat Anda tinggal.
  • Pilihan Kreatif dan Fleksibilitas, KPR memberi Anda fleksibilitas untuk menggunakan rumah Anda sebagai aset yang kreatif dan juga fleksibel. Misalnya, Anda dapat menyewakan bagian rumah Anda atau menggunakan rumah sebagai jaminan untuk memulai bisnis. Ini memberi Anda lebih banyak opsi untuk memanfaatkan kekayaan Anda.

Dengan mempertimbangkan manfaat-manfaat ini, jelas bahwa memilih KPR rumah bisa lebih menguntungkan daripada menyewa rumah dalam jangka waktu yang panjang. Namun, penting untuk melakukan perencanaan keuangan yang cermat dan tepat juga memilih rumah yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Dengan memanfaatkan keuntungan kepemilikan rumah, Anda dapat membangun kekayaan dan stabilitas finansial untuk masa depan Anda dan keluarga. Dan untuk orang yang masih awam dengan pembelian rumah jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli keuangan atau agen real estat untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik berdasarkan keadaan Anda.


Mohon tunggu...


Lihat Financial Selengkapnya

Beri Komentar

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

` } }) document.querySelector('.video-box-thumb').innerHTML = html_video_rec_thumb; } } } let description = document.querySelector('meta[name="description"]').content let keywords = document.querySelector('meta[name="content_tags"]').content let title = document.getElementsByTagName("title")[0].textContent; let data = { "title": title, "description": description, "keywords": keywords, "page_id": "6655537eed64156c97118122", "current_url": "https://www.kompasiana.com/silvyaprilia23/6655537eed64156c97118122/lebih-worth-it-kpr-rumah-atau-sewa-ini-jawabannya", } let data_kgnow_token = { "url": "https://apis.kompas.com/api/widget/video", "Authorization": "Bearer eyJpdiI6ImhyUXB1T0dKZnJabExYbzk5SlNTMkE9PSIsInZhbHVlIjoieUZ1NlVvVDUxOHRNQ2Z2bTE2ejBoZz09IiwibWFjIjoiYWZiYzQzNTk1NTFmODMxY2IyZTBmY2E4ODYyNWQ0YjU5N2VkOTgzNmVlNjU5ZmQ4MmI1YWJmZjU2Nzg4NGVhOSJ9", } rvJixie.open("POST", "https://apis.kompas.com/api/widget/video", true); rvJixie.setRequestHeader('Authorization', data_kgnow_token.Authorization); rvJixie.setRequestHeader('Content-Type', 'application/json'); rvJixie.send(JSON.stringify(data)); } getVideo(); function dateFormatJixie(value) { const monthText = ['Januari', 'Februari', 'Maret', 'April', 'Mei', 'Juni', 'Juli', 'Agustus', 'September', 'Oktober', 'November', 'Desember']; if (value) { const dateJixie = new Date(value); return dateJixie.getDate() + ' ' + monthText[dateJixie.getMonth()] + ' ' + dateJixie.getFullYear(); } else { return ""; } } function timeFormatJixie(value) { if (value) { const timeJixie = value.split(':'); if (timeJixie[0] == '00') { return timeJixie[1] + ':' + timeJixie[2]; } else { return value; } } else { return ""; } } function timeSince (value) { console.log("sini",value) if (typeof value !== 'object') { date = new Date(value); } var seconds = Math.floor((new Date() - date) / 1000); var intervalType; var interval = Math.floor(seconds / 31536000); if (interval >= 1) { intervalType = 'tahun yang lalu'; } else { interval = Math.floor(seconds / 2592000); if (interval >= 1) { intervalType = 'bulan yang lalu'; } else { interval = Math.floor(seconds / 86400); if (interval >= 1) { intervalType = 'hari yang lalu'; } else { interval = Math.floor(seconds / 3600); if (interval >= 1) { intervalType = "jam yang lalu"; } else { interval = Math.floor(seconds / 60); if (interval >= 1) { intervalType = "menit yang lalu"; } else { interval = seconds; intervalType = "detik yang lalu"; } } } } } return interval + ' ' + intervalType; }

Lebih Worth It KPR Rumah atau Sewa? Ini Jawabannya! (2024)

References

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Arline Emard IV

Last Updated:

Views: 6086

Rating: 4.1 / 5 (52 voted)

Reviews: 83% of readers found this page helpful

Author information

Name: Arline Emard IV

Birthday: 1996-07-10

Address: 8912 Hintz Shore, West Louie, AZ 69363-0747

Phone: +13454700762376

Job: Administration Technician

Hobby: Paintball, Horseback riding, Cycling, Running, Macrame, Playing musical instruments, Soapmaking

Introduction: My name is Arline Emard IV, I am a cheerful, gorgeous, colorful, joyous, excited, super, inquisitive person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.